Pesona Menawan Air Terjun Aek Martua, Rokan Hulu

♠ Posted by Unknown in at 12.17.00
Riau ?? Pasti sobat tau. Sebagai salah satu provinsi terkaya di Indonesia dengan hasil bumi berupa minyak yang telah mendunia. Riau juga dikenal sebagai daerah tofografi dataran rendah dan bergambut. Namun siapa sangka dibalik itu semua, Riau ternyata menyimpan pesona alam yang sangat menawan. Salah satunya adalah air terjun Aek Martua yang terletak di desa Tangun, Pasir Pengaraian, Rokan Hulu.


Lokasi air terjun ini berjarak ± 132,5 km dari Kota Pekanbaru, ibukota Provinsi Riau. Bagi sobat yang ingin kesini, dapat menggunakan jasa angkutan umum dari Pekanbaru ke Pasir Pengaraian menggunakan angkutan L300 atau disini lebih dikenal dengan sebutan "Superban" dengan biaya sekitar 40 ribu rupiah. Kemudian dari Pasir Pengaraian dilanjutkan dengan naik ojek ke Desa Tangun sekitar 20 ribu rupiah dan bagi sobat yang yang memakai kendaraan pribadi harus memarkir kendaraan di pinggir jalan karena area parkir belum tersedia. Memasuki kawasan ini kita harus membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah. 


Dari gerbang masuk, dilanjutkan dengan berjalan kaki. Perjalanan ini akan dimulai dengan melewati jembatan gantung yang membelah Sungai Rokan. Sobat harus berhati-hati melewati jembatan ini, sebab jembatan ini mudah sekali bergoyang. Bisa dibayangkan, deras arus sungai siap menerkam sobat jika terjatuh dari jembatan ini.


Selama perjalanan, sobat akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam dari perkebunan warga dan hutan lindung. Sobat akan melewati jalan setapak, menaiki bukit dan turun bukit. Saat menuruni bukit, sobat harus sangat berhati-hati jangan sampai terjatuh, sebab jalan turunan sangat terjal dan curam. Sobat tak usah khawatir kelelahan, karena selama perjalanan udara disekitar sangat sejuk. 


Setelah menempuh perjalanan selama 1 jam, maka sampailah di air terjun tingkat pertama. Oh ya, untuk sobat ketahui air terjun Aek Martua memang memiliki keunikan yaitu memiliki 3 tingkatan sehingga air terjun ini sering juga disebut air terjun Tangga Seribu. 


Setiap tingkatan air terjun ini memiliki nuansa tersendiri. Tingkat pertama bisa digunakan buat bermain main karena hamparan batunya sangat luas dan bagi sobat yang ini berenang maka tingkatan kedua bisa menjadi pilihan karena di air terjun tingkat ini memiliki kolam yang cukup luas. Untuk tingkat ke tiga memang agak sulit untuk dicapai karena hanya orang orang yang memiliki kemampuan memanjat saja yang bisa mencapai kesana. (syukri, red)

2 komentar:

blog nya bku ya gaagus mampir gan flashpackerstory.blogspot.com

Posting Komentar

Contoh banner 1