Wisata Jembatan BARELANG Batam

♠ Posted by Unknown in at 19.38.00
Sahabat traveler, Jalan-jalan ke Batam tidak lengkap rasanya jika belum sampai ke jembatan Barelang. Sebagai landmark kota Batam, jembatan Barelang memiliki daya tarik tersendiri yang dapat dirasakan oleh setiap pengunjung. Alhasil jembatan Barelang menjadi simbol atau icon kota ini disetiap logo atau gambar yang dibuat. Bahkan ada pepatah yang mengatakan "Belum ke Batam jika belum ke Barelang".


Jembatan yang pembuatannya diprakarsai oleh Bapak BJ Habibi ini, diperuntukkan sebagai penyambung akses jalan antar pulau di Batam yaitu Pulau Batam, Pulau Rempang dan Pulau Galang. sehingga nama Barelang diambil dari singkatan nama pulau-pulau tersebut.


Jembatan Barelang sebenarnya ada 6 buah jembatan. Namun yang paling terkenal hanyalah jembatan Barelang 1, mungkin karena ukurannya yang besar serta desainnya yang berbeda dari yang lain. Selain itu pula, untuk sahabat traveler ketahui keenam jembatan ini memiliki nama-nama loh. Namun, banyak yang tidak tau, contohnya jembatan Barelang yang pertama nama aslinya Jembatan Tengku Fisabilillah tapi kebanyakan masyarakat hanya tau jembatan Barelang 1. Kemudian ada jembatan Narasinga, Ali Haji, Sultan Zainal Abidin, Tuanku Tambusai dan Raja Kecil. Yang jelas nama-nama ini diambil dari nama-nama raja dan pahlawan melayu Riau.


Jembatan Barelang hampir tidak pernah sepi dari pengunjung terutama pada hari-hari libur. Berjarak hanya 1 jam dari pusat kota ditambah akses jalan yang super mulus menjadikan jembatan ini mudah untuk dikunjungi. Jika berada disini, kita juga bisa menikmati berbagai macam kuliner seperti seafood, jagung bakar, sate, bakso, otak otak, dsb.


4 komentar:

Posting Komentar

Contoh banner 1